Makanan Terekstrim

Saturday, July 24, 2010

Fakta Unik -

Pepatah berbunyi, sesuatu yang dianggap sampah adalah harta tak ternilai bagi orang lain, bisa saja benar. Makanan yang dianggap sangat lezat di suatu tempat boleh jadi menjadi mimpi buruk yang dianggap menjijikkan di belahan dunia lainnya.

Lidah sapi dan babi moncong ke kaki ayam, cacing goreng dan kaki katak hingga tumis siput adalah sebagian kecil makanan 'ajaib' yang bisa menghilangkan selera makan. Namun, di beberapa negara bisa menjadi makanan khas bagi penduduknya.

Berikut daftar sepuluh makanan teraneh dari seluruh dunia.
5. Hakarl



Anthony Bourdain, pelancong makanan teraneh di dunia mengklaim hakarl, makanan asal Islandia salah satu menu paling menjijikkan di muka bumi. Hakarl dibuat dari perut hiu Baskin Greenland yang difermentasi selama dua hingga empat bulan. Hakarl tersedia di toko makanan di Islandia memiliki bau tajam amoniak. Selama penyajiannya, hakarl dipotong kecil-kecil dengan tusuk gigi.

4. Fugu




Dalam bahasa Jepang, Fugu berarti ikan buntal beracun dengan kandungan tetrodotoxin yang mematikan. Hanya koki khusus dengan pengalaman dua-tiga tahun serta melewati tes resmi yang diizinkan mengolah ikan Fugu. Beberapa koki memilih membuang racun yang menimbulkan sensasi 'setrum' pada lidah dan bibir.

3. Casu Marzu




Menu asal kota Sardinia di Italia berupa keju yang merupakan rumah bagi larva hidup serangga. Larva sengaja ditambahkan untuk proses fermentasi yang mendekati titik dekomposisi, titik lemak keju telah rusak.

Seringkali saat menyantap Casu Marzu, seekor cacing kecil menembus lapisan keju atau melompat hingga puluhan sentimeter di atas meja. Sehingga, banyak yang memilih menyingkirkan serangga sebelum menikmati keju dengan rasa pedas tersebut.

2. Sannakji




Makanan laut mentah sudah tak asing lagi di seluruh dunia. Namun, dibandingkan dengan sashimi dan sushi, sannakji memberi petualangan makan yang berbeda. Makanan ini berupa bayi gurita hidup yang diiris dan dibumbui dengan minyak dan taburan wijen.

Saat disajikan, tentakel sannakji masih menggeliat-geliat. Bila tak dikunyah dengan baik, sannakji bisa saja menempel pada mulut dan tenggorokan.

1. Balut




Balut nampaknya menduduki peringkat teratas makanan aneh dari seluruh dunia. Walaupun tidak menggeliat seperti halnya gurita di Korea, balut berupa telur bebek atau telur ayam yang telah dibuahi dan telah berkembang menjadi embrio calon unggas.

Embrio kemudian direbus dan siap dimakan. Di Filipina, Kamboja dan Vietnam, balut adalah makanan umum dan dijajakan pedagang kaki lima. Makanan yang seringkali telah berbentuk unggas ini bisa sangat membingungkan, tetapi rasa yang paling dominan biasanya ayam atau bebek.


Sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/157948-makanan-paling-ekstrem-di-dunia--ii-

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Fakta-Fakta Unik